bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Kamis, 04 Desember 2014

Flamboyan Desember



            Pohon flamboyan mulai menampakkan bunganya yang indah juga diselilingi oleh turunnya hujan yang seakan-akan membawa kesejukan yang mendalam setelah kita menikamti kemarau yang panjang, ibarat kalifah yang berjalan ditengah padang pasir dan menemukan oase. Itu artinya kita telah memasuki bulan Desember. Suatu ciri bulan Desember sejak dulu kala.
Keindahan bunga flamboyan juga membuat orang kristiani terhanyut dalam suasana natal nan damai, dimana-mana entah pertokoan, pusat perbelanjaan, angkutan umum, maupun rumah-rumah penduduk mulai terpasang dan dipenuhi dengan asesoris natal dan lantunan kidung natal.
Di sudut-sudut jalan terlihan anak-anak kecil usia sekolah memainkan meriam yang terbuat dari kaleng bekas sehingga mengeluarkan dentuman mirip meriam perang. Bunyi petasan juga terdengar dimana-mana, kembang api aneka bentuk dan warna ikut menghiasi langit biru nan cerah. Bulan Desember adalah bulan penuh pengampunan dan pertobatan, bulan yang membawa kedamaian bagi seluruh umat kristiani.
            Sebelum natal biasa didahului oleh suatu masa yang dikenal dengan masa Adventus atau masa penantian akan kedatangan sang juru selamat yang lamanya 4 hari minggu, kami yang menganut kepercayaan Katholik biasanya di isi dengan kegiatan rekoleksi dan pengakuan dosa agar dapat merayakan natal dengan hati yang bersih, putih seputih kapas.
            Teringat dalam kenangan waktu kecil, ada satu kegiatan yang selalu dilakukan menjelang natal, yakni minta dibelikan baju natal walaupun hanya satu potong. Sore menjelang malam natal, kami sekeluarga pergi untuk menabur bunga dan berdoa di pusara keluarga yang telah meninggal seakan-akan kami juga merayakan natal bersama mereka. Kebiasaan ini akhirnya turun pada anak-anak kami ketika menyambut natal.


©johnberek99.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar