bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Sabtu, 20 Desember 2014

Belajar dari Pohon di Pinggir Jalan



Segala sesuatu yang ada di dunia ini dapat dijadikan inspirasi baik yang bernyawa maupun tidak bernyawa, misalnya tumbuh-tumbuhan seperti pohon. Pohon tak sekedar tumbuhan yang hidup dan menjadi penghasil oksigen untuk bernafas mahkluk hidup, tetapi cara dan bagaimana dia tumbuh, serta organ-organ pendukungnya bisa dijadikan inspirasi.
Pernahkah anda berjalan-jalan dan melihat anak-anak sedang melempar buah yang bergelantung di setiap ranting-ranting pohon yang tumbuh di pinggir jalan? Kalau anda pernah melihat atau anda sendiri pernah melakukan hal tersebut, apa yang anda dapat dari perbuatan tersebut atau hikmat apa yang anda dapat dari perbuatan tersebut?
Ketika anda melempar pohon tersebut, apakah pohon tersebut marah kepada anda? jawabannya “tidak” tetapi pohon tersebut membalasnya dengan buah yang dihasilkannya.
Itulah kebaikan dari pohon yang tumbuh dan berbuah di pinggir jalan di lempar dengan batu dibalas dengan buah. Pertanyaan berikutnya apakah kita dapat berlaku seperti pohon tersebut? jawaban anda sudah dapat saya tebak yakni “tidak semudah itu”, kenapa kita tidak bisa berlaku seperti pohon tersebut, karena dalam diri kita masih ada rasa amarah yang luar biasa dan dendam yang berkepanjangan. Itulah manusia, apabila dia mau berlaku seperti pohon tersebut, maka dia harus bersikap rendah hati, mau mengampuni dan mau memaafkan sesama.
©johnberek99.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar