bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Jumat, 02 Desember 2016

MERIAM BAMBU, MAINAN MASA KECIL


sumber foto : google image

Anda mungkin pernah memainkan meriam bambu, atau setidak-tidaknya melihatnya.
Di Kupang, meriam bambu merupakan permainan tradisonal yang biasa dimainkan pada sore hari hingga tengah malam oleh anak-anak kecil pada saat menyambut perayaan natal hingga tahun baru.
Untuk menghasilkan daya ledak yang kuat, maka biasanya dipilih bambu yang usianya sudah tua, mempunyai diameter yang besar dan ukuran batang bambu yang panjang.
Dahulu, ketika masih usia sekolah dasar, menjelang natal dan tahun baru, untuk membuat meriam bambu, kita bisanya pergi ke desa Bakunase atau desa Oetona yang banyak ditumbuhi pohon bambu.  Bambu yang diambil biasanya jenis bambu milak yang sudah tua berukuran ± 1,5 - 2 m (3 - 4 ruas) dengan diameter 5-6 inci, kemudian buku bambu dilubangi dengan menggunakan besi gali.
Ketika masih kecil, kita bertanya-tanya, bagaimana bambu yang diisi minyak tanah itu bisa menimbulkan ledakan.
Ternyata begini penjelasannya : minyak tanah yang dituang kedalam bambu, dibakar untuk menaikkan suhu di dalam ruas bambu. Setelah dirasa cukup panas, nyala api dipadamkan dengan menggunakan kain menutup lubang sulut. Setelah api padam, melalui lubang sulut api kita meniup udara ke dalamnya yang bertujuan memasukkan oksigen (O2) dan menggeser gas karbondioksida (CO2) keluar melalui lubang keluar. Uap minyak tanah akan bercampur dengan O2 yang masuk melalui tiupan. Pada kondisi ketika api disulutkan melalui lubang sulut akan terjadi penyalaan yang sangat cepat disertai ledakan dasyat. Ledakan terjadi karena terbakarnya campuran uap minyak tanah dan O2.
Namun kini meriam bambu telah ditinggalkan dan diganti dengan meriam blek, hal ini mungkin disebabkan sulit mendapatkan bambu pada saat ini, selain itu anak sekarang lebih kreatif dalam memanfaatkan hasil limbah.
Bagi anak-anak, permainan ini berguna untuk melatih kreatifitas anak dalam hal proses pembuatannya, bukan seperti permainan modern sekarang yang bisa dengan mudah dapat dibeli dimana saja. Selain itu permainan ini melatih keberanian, karena permainan ini mengandung resiko dan bahaya. Untuk itu harus tetap hati-hati dan selalu waspada dalam memainkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar