bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Kamis, 30 April 2015

Pusat Kuliner Baru Kota Kupang



Di usianya yang ke-19 tahun, dia nampak begitu dewasa dan matang, itulah usia kotaku Kota Kupang. Dengan bertambahnya 1 tahun usianya, Kota Kupang memberi kado bagi masyarakatnya berupa pusat kuliner di sepanjang jalan Polisi Militer kelurahan Oebobo tepatnya di belakang kantor DPRD Provinsi hingga kantor Bappeda Provinsi NTT, yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat kota sekaligus tempat wisata kuliner.
Aneka menu tersedia di sana, namun perlu perhatikan Para penjual kuliner harus dibedakan berdasarkan menu yang disajikan sehingga tidak mengganggu, pedagang disebelahnya yang menyajikan menu berbeda. Sebagai contoh pedagang yang menjual RW/Nabas harus dipisahkan dengan pedagang yang menjual nasi campur, nasi goring, gado-gado, sup ubi, dll.
Namun penyediaan pusat kuliner ini terkesan dipaksakan, hal ini terlihat dari :
1.      Tidak tersedianya WC/kamar mandi umum bagi para pedagang dan pengunjung. Hal ini terlihat dari adanya surat Camat Oebobo kepada Kepala Bappeda Provinsi NTT dan Direktur AusAid untuk meminjamkan WC/kamar mandi bagi para pedagang dan pengunjung.
2.      Pada pagi hingga siang hari, sepanjang jalan tersebut terlihat seperti suatu kawasan kumuh. Hal ini disebabkan para pedagang menempatkan etalase jualan serta bangku dan meja begitu saja.
3.      Pedagang cenderung membuang sampah sisa makanan maupun air cucian ke drainase yang dapat menimbukan masalah sanitasi.
 Untuk itu pemerintah Kota Kupang perlu memikirkan cara untuk :
1.      Secepatnya menyediakan WC/kamar mandi bagi para pedagang dan pengunjung.
2.      Perlu dicari alternative lain agar tidak terkesan kawasan kumuh mengingat lokasi tersebut adalah lokasi perkantoran. Misalnya setelah berjualan di angkut ke kumah dan keesokkan harinya baru di bawa kembali, atau memasang penutup depan yang terbut dari bahan-bahan local dan diberi aneka corak dan warna.
3.      Dinas kebersihan Kota Kupang agar selalu secara kontinyu membersihkan drainase yang ada disepanjang daerah pusat kuliner tersebut.
Beta cinta Kupang, maka beta memberi pokok-pokok pikiran ini. Proficiat Kota Ku…..
Salam dan doa
dari seorang sahabat
untuk para sahabatnya.
©johnberek99.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar