bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Rabu, 01 April 2015

Pembasuhan Kaki Dalam Budaya Yahudi dan Romawi



Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Kristen mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus. Hari ini adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja. Ini adalah hari pertama dari hari raya Paskah, yang dimulai pada pukul 6 sore, dan berlangsung 7 hari.
Ritual Perjamuan Malam setelah ini pada setiap misa atau kebaktian diperingati sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus. Pada misa malam ini, pastur juga mencuci kaki umat sebagai peringatan Yesus yang mencuci kaki para muridnya dalam perjamuan terakhir, pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.
Pelayanan Kamis Putih secara tradisional dan menyejarah dapat mengenangkan kita pada peristiwa-peristiwa di mana Yesus mendekati masa-masa kematian-Nya. Peristiwa-peristiwa yang sangat kaya makna dan penting. Ini adalah pengenangan pada perempuan yang meminyaki Yesus dengan parfum dari buli-buli dan mengusapnya dengan rambutnya. Ini juga pengenangan akan perjamuan malam yang dilakukan Yesus, di mana untuk terakhir kalinya Yesus berbagi roti Paskah dengan para murid. Ini adalah tanda dari keteladanan Yesus yang mereka semua pengikutnya menyebutnya "pelayan". dan ini juga pengenangan akan pengkianatan yang dilakukan Petrus dan juga Yudas.
Arti dari Ritual Pembasuhan kaki dapat kita gali dalam budaya Yahudi dan Romawi.
Dalam budaya Romawi, biasanya orang akan mencuci kaki orang tua atau anggota keluarganya yang akan meninggal. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir dan juga sebagai KENANGAN TERAKHIR bagi mereka yang akan meninggal.
Yang dilakukan Yesus justru terbalik, Ia yang akan pergi meninggalkan murid-muridNya, tetapi justru Yesus yang membasuh kaki para muridNya.
Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Kamis_Putih
Salam dan doa
dari seorang sahabat
untuk para sahabatnya.
©johnberek99.blogspot.com

2 komentar: