bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Sabtu, 09 Juli 2016

SURGA WISATA PANTAI ETI KO’U



Pantai Eti Ko'u
Bercerita tentang wisata pantai di Nusa Tenggara Timur tak akan pernah habis-habisnya. Provinsi dengan panjang garis pantai mencapai 5.700 km ini menyimpan banyak obyek wisata pantai yang belum di ekspose. Salah satu obyek wisata pantai tersebut adalah Pantai “Eti Ko’u”.
Bila anda mendengar nama pantai ini, mungkin anda akan bertanya, dimana letak pantai ini?, dan saya sangat yakin bahwa anda mungkin belum tahu dan belum sampai ke pantai ini.

Pantai “Eti Ko’u” terletak di Dusun Puru Desa Merbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Menurut Franky Amtiran salah seorang masyarakat dusun Puru yang ikut mengelola dan menjaga pantai ini menuturkan bahwa nama “Eti Ko’u” berasal dari bahasa setempat yang berarti meting besar. Mungkin karena ketika air laut surut membentuk daratan yang luas sehingga masyarakat beramai-ramai turun mencari rumput laut dan ikan yang terjebak di karang. Sedangkan nama “Puru” berarti “ singkatan dari “PUlang RUgi” karena apabila anda datang ke Amarasi Selatan namun tidak sampai ke pantai Eti Ko’u, maka anda akan merasa rugi  tidak menikmati keindahan pantai Eti Ko’u. Namun orang lebih mengenalnya dengan nama pantai PuRu.


Untuk dapat sampai di pantai Eti Ko’u, maka anda harus menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan baik mobil atau sepeda motor kurang lebih 33 km dari Kota Kupang atau 8 km dari Baun yang adalah Ibu Kota Kecamatan Amarasi Barat.

Infrastruktur jalan pada umumnya dari Kota Kupang ke Baun baik dan hotmix. Sedangkan dari Baun ke Pantai PuRu yang berjarak kurang lebih 8 KM akan melalui jalan beraspal sepanjang kurang lebih 2 KM sedangkan sisanya jalan pengerasan yang ditimbuni dengan tanah putih.

Namun anda tak perlu kuatir, karena sepanjang jalan mata anda akan selalu dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon yang tumbuh tinggi dan rindang yang diselilingi dengan tanaman petes (lamtoro) yang merupakan pakan ternak andalan dalam penggemukan sapi Bali di Timor.
Di pintu masuk ke lokasi pantai Eti Ko’u, anda harus merogoh saku untuk membayar pass masuk sebesar Rp. 10.000,-/mobil dan Rp. 5.000,-/sepeda motor.
Rasa capek dan penat akan terlupakan seketika anda telah sampai di pantai Eti Ko’u. Pantai dengan air laut yang biru dan bersih terpantul sinar matahari, pantai dengan butiran pasir putih nan halus dan bersih sepanjang bibir pantai, pantai yang menawarkan keindahan, pantai dengan pulau karang yang terdapat di tengah laut mirip “tanah lot” di pulau Bali tempat yang cocok untuk outbond, membuat foto preweeding ataupun berselfi ria.

Disana juga terdapat lopo-lopo kecil berdinding bambu dan beratap daun gewang, dengan membayar Rp. 25.000,- anda sudah dapat menyewa lopo tersebut untuk dapat bersantai menikmati keindahan pantai. Di pantai tersebut tersedia juga kamar mandi untuk membersihkan badan setelah berenang di laut dan untuk berganti pakaian. tempat sampah. Selain itu terdapat tempat sampah di sudut-sudut pantai. Om Frengky Amtiran yang bertugas mengawasi dan pemungut sampah untuk dikumpulkan kemudian dibakar. Penjagaan, penataan, dan keamanan pantai dilakukan oleh swadaya masayarakat dusun PuRu sendiri.


Untuk dapat meningkatkan pendapatan Asli Daerah desa Merbaun perlu perhatian yang serius dari pemerintah desa Merbaun dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang dalam menjaga keamanan dan kebersihan serta menambah fasilitas penunjang lainnya seperti ayunan duduk, perosotan di obyek wisata pantai Eti Ko’u.*****)
                                                                                                          
                                                                                                                          ©johnberek99.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar