bae sonde bae ..... yang penting beta menulis dan bercerita

Jumat, 07 Oktober 2016

USUT ASAL JARUM JAM BERPUTAR KE KANAN



Banyak benda di dunia ini selalu berputar searah jarum jam yakni ke arah kanan, sehingga timbul istilah “searah jarum jam” seperti jarum arloji, speedometer kendaraan, timbangan berat badan, dan masih banyak lagi benda-benda yang putarannya ke arah kanan.

Tapi tahukah anda, mengapa jarum jam dan benda lainnya selalu berputar ke kanan?

Asal mula arah putaran jam adalah dari jam matahari (sundial) yang merupakan jam tertua di dunia ini.  Jam ini digunakan untuk mengetahui waktu dengan berpatokan pada perubahan posisi panjang bayangan tongkat yang ditancapkan di permukaan tanah. Jam matahari ini digunakan sejak 2000 SM sampai jam mesin dibuat pada abad 17 sebagai cara yang tepat untuk mengetahui waktu.

Arah perputaran jam didasarkan pada pergerakan bayangan. Di bumi bagian utara, matahari terbit dari timur, melewati selatan, kemudian terbenam di barat (sebelah kiri), tepat siang hari bayangan ada di utara dan bayangan di sore hari ada di timur (sebelah kanan).
Sedangkan di bumi bagian selatan seperti Australia, matahari terbit dari timur, melewati utara, kemudian terbenam di barat (sebelah kanan), berbeda dengan bumi bagian utara, bayangannya ada di sisi selatan. Pergerakan bayangan jam matahari pun berkebalikan dengan jam matahari di bumi bagian utara, yaitu berputar ke kiri. Sehingga pada siang hari, bayangannya menunjuk ke arah selatan.

Di Mesir , sundial pada awalnya adalah terdiri dari dua bagian yakni papan berbentuk lingkaran persegi yang ditulisi angka serta tiang segitiga (gnomon) yang diletakkan berdiri tegak lurus terhadap papan. Ketika matahari menyorotkan sinarnya maka byangan gnomon tersebut akan menimpa papan dan menunjukkan waktu saat itu.

Filsafat sebagai bagian dari kebudayaan manusia yang amat menakjubkan, lahir di Yunani dan dikembangkan sejak awal abad ke-6 SM.
Ketika suku bangsa Hellenes menyerbu masuk ke Yunani sekitar tahun 2000 SM, mereka masih merupakan pengembara-pengembara kasar yang belum mengenal peradaban. Kendati orang-orang Yunani telah memperoleh tempat pemukiman yang tepat, banyak diantara mereka yang gemar merantau, khususnya ke dunia timur yang saat itu telah memiliki peradaban dan kebudayaan yang tinggi. Mereka merantau sampai ke Mesir dan Babylonia yang telah mengembangkan pengetahuan tulis menulis, astronomi dan matematika, yang prinsip dasarnya telah diletakkan oleh bangsa Sumeria. Orang Sumeria yang telah menemukan sistem hitungan sixagesimal yang didasarkan atas jumlah enam sebagai satuan kelipatan sehingga mereka telah mengenal pembagian waktu, dan menemukan pembagian lingkaran ke dalam 360o.
Para filsuf Yunani pertama, yang mulai berfilsafat di Asia Kecil, sebenarnya ahli-ahli matematika, astronomi, ilmu bumi dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Dengan demikian filsafat yang pertama lahir adalah filsafat alam.

Lantas mengapa arah perputaran jam yang dipakai bukan arah di bumi bagian selatan? Itu karena bumi bagian utara merupakan daerah pusat lahirnya peradaban di bumi. Peradaban Mesir, Mesopotania, Romawi, Yunani, Indus, dan Cina semuanya ada di bumi bagian utara dan hanya sedikit di bumi bagian selatan.

Karena itulah banyak peradaban lahir dibumi bagian utara.
--------------------------------------------------------------------------
Daftar Pustaka

Catholic Life Tabloit Bulanan volume 78 Tahun VII Oktober 2016. Mengapa jarum jam berputar ke arah kanan.

Jan Hendrik Rapar. 1996. Pengantar Filsafat. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar