TUGAS
BAHASA INDONESIA
DAMPAK SISWA YANG TERLAMBAT DATANG
SEKOLAH
TERHADAP PRESTASI BELAJAR
O
L
E
H
ANGGIE PRICILLA
ANTONIUS
VERITY CARLA TANONI
LIDWINA BEREK
MEYLINSYE AHAB
MELANIA BENE
VESTY BALLO
SAMUEL RATOE ODJOE
SERAPHINUS SERMAN
SMPK STA. THERESIA
KUPANG
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang
Maha Esa yang karena bimbingan dan perkenaannya, sehingga penulisan makalah ini
dapat terselesaikan.
Makalah ini disusun sebagai salah satu
tugas dalam rangkaian kegiatan proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
Melalui kesempatan ini Penulis
menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
menyelesaikan tugas ini.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini
masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang
disampaikan kepada penulis akan diterima
dengan senang hati guna penyempurnaan tulisan ini.
Kupang, Maret 2014
P e n u l i s,
DAFTAR ISI
Hal.
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………………….......
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………..........
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………...........
A. Latar belakang ………………………………………………….………….....
B. Perumusan Masalah ..………………………………………….……..……....
C. Tujuan Penulisan ................…………………………………..…….………...
D. Manfaat Penulis .................…………………………………….…………......
BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………………….....
A. Pengertian…………………………………………………… ………………..
B. Tujuan Disiplin Sekolah ………………………………………………………
C. Faktor Keterlambatan Siswa ………………………………………………….
D. Sanksi yang Diterima Siswa Terlambat ………………..…………………….
E. Solusi
Mengatasi Siswa yang Terlambat ……………………………………...
BAB III PENUTUP
…………………………………………………..…………………….
A. Kesimpulan
…………………………………………………………………...
B. Saran
………………………………………………………………………......
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………
|
i
ii
1
1
2
2
2
3
3
3
3
3
4
5
5
5
6
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Berbicara
tentang sistem pendidikan dengan berbagai lembaga yang menyertainya ibarat
membicarakan gelombang air laut yang tiada hentinya. Asumsi ini tidaklah
berlebihan karena banyak hal yang bisa ditinjau di dalamnya serta banyak pula
persoalan fundamental melingkupinya yang nota bene membutuhkan upaya-upaya
untuk memecahkan permasalahan pendidikan tersebut.
Anak usia
sekolah atau siswa mempunyai peran yang penting dalam pembangunan bangsa dan
negara, karena mereka merupakan generasi penerus yang diharapkan dapat
membangun dan menghasilkan karya-karya yang berguna bagi negara. Di tangan
siswa inilah bagaimana perkembangan suatu negara ditentukan. Anak-anak yang
terdidik, berdisiplin,dan berkualitas secara intelektual, mental dan spiritual
akan mampu berkompeten dalam menjalankan roda kehidupan berbangsa dan
bernegara, sehingga kelangsungan dan martabat bangsa dapat terjamin.
Kedisiplinan
pada anak usia sekolah atau siswa sangat penting diperhatikan, adanya
peraturan-peraturan yang jelas dan terarah sangat mempengaruhi anak pada masa
dewasanya nanti. Kedisiplinan pada siswa harus dilakukan, salah satunya adalah
kedisiplinan harus masuk akal dan adanya konsekuensi jika kedisiplinan
dilanggar.
Seorang
siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari
berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan sekolah. Setiap siswa
dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah. Ketika kedisiplinan dirasa sangat penting bagi siswa SMPK
Sta. Theresia Kupang, maka pihak sekolah pertama kali perlu menertibkan siswa
yang terlambat sekolah. Untuk itu, kedisiplinan adalah hal yang penting dan
merupakan ciri kepribadian seseorang untuk meraih kesuksesan. Perlu diketahui
bahwa di SMPK Sta. Theresia Kupang sudah mempunyai tata tertib yang akan
mendisiplinkan siswa yang terlambat. Peran guru dalam mendisiplinkan siswa yang
terlambat haruslah tegas dan mendidik, dengan begitu siswa diharapkan tidak
akan terlambat lagi datang ke sekolah.
Fakta di
lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang sering terlambat. Dalam
aturan sekolah mengharuskan siswa datang sebelum jam 07.00 wita, tetapi
kenyataannya masih ada siswa yang datang lewat jam tersebut. Banyaknya siswa
yang terlambat mengakibatkan kurang lancarnya proses kegiatan belajar mengajar
pada saat jam pertama pelajaran.
Keterlambatan
pada siswa tersebut bukan berarti tanpa sebab, berbagai macam alasan
diungkapkan para siswa yang sering terlambat, diantaranya adalah siswa yang
tinggal jauh dari sekolah, masalah transportasi, bangun kesiangan dan
sebagainya. Alasan-alasan seperti inilah yang sering dikemukakan siswa ketika
datang terlambat pada saat jam pelajaran pertama sudah dimulai. Namun, apapun
alasan para siswa yang datang terlambat menunjukkan tingkat kedisiplinan yang
rendah. Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja sehingga pada akhirnya akan
menjadi budaya yang tidak baik pada lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Untuk
mengatasi hal ini maka diperlukan suatu aturan yang tegas yang disertai dengan
sanksi yang dapat membuat siswa menjadi disiplin yang nantinya akan berguna
bagi ketertiban sekolah dan bagi diri siswa itu sendiri. Adapun kebijakan yang
diambil adalah dengan mengadakan suatu tindakan disiplin untuk memperbaiki
sistem atau aturan pada saat jam pelajaran dimulai. Kebijakan ini dilaksanakan
secara terpadu dengan melibatkan semua pihak yang terkait yaitu siswa, guru
piket, guru pelajaran jam pertama, wali kelas, guru BP/BK dan kesiswaan.
Berdasarkan
uraian di atas, maka judul dalam makalah ini adalah “Dampak Siswa yang Terlambat Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Di SMPK
Sta. Theresia Kupang”
B. Perumusan
Masalah.
1.
Apakah
faktor-faktor penyebab keterlambatan siswa?
2.
Apakah
sanksi yang diterima oleh siswa yang sering terlambat?
3.
Bagaimana
solusi dalam mengatasi siswa yang terlambat?
C. Tujuan Penulisan.
1.
Untuk
mengetahui faktor penyebab keterlambatan siswa.
2.
Untuk
mengetahui sanksi yang diterima oleh siswa yang terlambat.
3.
Untuk
mengetahui solusi dalam mengatasi siswa yang terlambat.
D. Manfaat Penulisan.
1.
Agar
siswa dapat hidup disiplin dengan mematuhi peraturan yang ditetapkan sekolah,
terutama pada saat masuk jam pelajaran pertama.
2.
Agar
siswa dapat mengatur waktu pada semua aktivitas yang dihadapinya, baik di
sekolah maupun di luar sekolah.
3.
Agar
guru dapat melaksanakan kegiatan mengajar pada saat pelajaran pertama tanpa
terganggu adanya permasalahan siswa yang sering datang terlambat.
4.
Guna
menumbuhkan citra sekolah yang tertib dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
belajar mengajarnya.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian.
Siswa adalah seorang anak yang menuntut ilmu, sedangkan
sekolah adalah salah satu tempat untuk menuntut ilmu. Pengertian dari terlambat
adalah datang tidak pada waktunya.
Disiplin sekolah adalah usaha sekolah untuk memelihara
perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk
berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.
Yang
dimaksud dengan aturan sekolah tersebut, seperti aturan tentang standar
berpakaian, ketepatan waktu, perilaku sosial dan etika belajar.
B.
Tujuan disiplin sekolah.
Tujuan disiplin sekolah adalah :
1.
Memberi
dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang.
2.
Mendorong
siswa melakukan yang baik dan benar.
3.
Membantu
siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi
hal-hal yang dilarang oleh sekolah
4.
Siswa
belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta
bagi lingkungannya.
C.
Faktor Keterlambatan Siswa.
Faktor -
faktor yang menyebabkan siswa SMPK Sta. Theresia Kupang datang terlambat ke sekolah
antara lain :
1.
Jarak
dari rumah ke sekolah yang jauh.
2.
Bangun
kesiangan.
3.
Terlalu
lama menunggu angkutan umum.
4.
Masih
bermain HP sebelum kesekolah.
5.
Masih
menonton acara televisi kesukaan.
6.
Masih
menunggu teman untuk pergi ke sekolah bersama.
D.
Sanksi yang Diterima Siswa Terlambat.
Sanksi
yang diterima siswa SMPK Sta. Theresia Kupang yang terlambat ada bermacam-macam antara lain
:
1.
Mendapat
point pelanggaran pada buku tata tertib sekolah.
2.
Memilih
sampah di halaman sekolah.
3.
Mendapat
cubitan di telinga.
4.
Membersikan
kamar mandi/WC.
E.
Solusi Mengatasi Siswa yang
Terlambat.
Siswa-siswi
yang datang terlambat datang ke sekolah hampir menjadi pemandangan yang umum.
Keterlambatan para siswa ini tentu saja dapat mengganggu proses belajar
mengajar yang sedang berlangsung di kelas. Konsentrasi siswa dan guru di dalam
kelas bisa saja menjadi terganggu.
Untuk
itu, cara atau solusi untuk mengatasi
siswa yang terlambat ke sekolah adalah :
1.
Adanya
pemberian sanksi yang tegas dan dapat memberikan efek jera kepada siswa yang
melanggar yang diberikan oleh pihak sekolah.
2.
Adanya
peran guru yang dapat memberikan contoh kepada siswanya agar tidak datang
terlambat.
3.
Peran
orang tua di rumah juga sangat diperlukan dalam mengatasi siswa terlambat.
4.
Yang
paling penting dalam mengatasi siswa yang terlambat ke sekolah adalah dari
kesadaran siswa itu sendiri untuk terbiasa mendisiplin diri dalam memanfaatkan waktu. Karena tidak ada gunanya
pemberian sanksi yang tegas yang diberikan sekolah apabila tidak adanya
kesadaran atau keinginan dari siswa itu sendiri untuk datang ke sekolah tepat
pada waktunya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan terdahulu, maka
dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Tingkat
kedisiplinan siswa SMPK Sta. Theresia Kupang masih rendah. Hal ini dikarenakan
masih ada saja siswa yang terlambat setiap harinya.
2.
Berbagai
macam sanksi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi siswa terlambat. Namun,
hal tersebut belum sepenuhnya mampu untuk mengatasi siswa terlambat meskipun
frekuensi siswa terlambat semakin sedikit setiap hari.
3.
Siswa
yang terlambat sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajarnya karena
dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya dapat mengganggu pikiran
tentang materi yang sedang dibahas atau diterangkan oleh guru terutama pada
mata pelajaran jam pertama.
B.
Saran
Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan siswa yang
terlambat datang ke sekolah, ada beberapa upaya yang mungkin bisa dilakukan
diantaranya:
1.
Guru diharapkan terampil berkomunikasi yang efektif
sehingga mampu menerima perasaan dan mendorong kepatuhan siswa;
2.
Guru diharapkan dapat menunjukkan secara tepat
perilaku yang salah, sehingga membantu siswa dalam mengatasinya.
DAFTAR PUSTAKA
Agus Sulistyo dan Adi Mulyono. 2004.
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta. Penerbit Ita.
©johnberek99.blogspot.com
makasih . . .
BalasHapusMakasih..
BalasHapusterima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk absensi sekolah berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, cocok juga untuk absensi pegawai kantor, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website kami www.schoolmantic.com
BalasHapussemoga siswa2 indonesia makin tertib
BalasHapusRaja Nasi Box Murah